Uskup Jayapura: Jangan pernah mundur bila ada ancaman

Jayapura, – Uskup Jayapura Mgr Yanuarius Theofilus Matopai You Pr melantik kepengurusan Ikatan Cendekiawan Awam Katolik Papua atau ICAKAP yang diketuai Geraldus Bidana SPd MPd di Gereja Katolik Kristus Terang Dunia Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura Papua pada Jumat (5/4/2024).

Dalam sambutannya, Uskup Yanuarius meminta kepada seluruh jajaran pengurus Ikatan Cendekiawan Awam Katolik Papua (ICAKAP) untuk harus tampil dengan kualitas yang berbeda, berani memperjuangkan nilai kebenaran dan keadilan, dan proaktif mengupayakan kebaikan bersama di Tanah Papua (bonum commune).

“Ikatan Cendekiawan Awam Katolik Papua harus tampil beda dan berbobot, yang selalu diperhitungkan, serta selalu memperjuangkan keadilan dan kebaikan bersama atau bonum commune,” katanya.

Uskup Yanuarius juga berharap pengurus ICAKAP berani tampil dalam pemberitaan injil kerajaan surga atau mewartakan iman akan Yesus yang bangkit, seperti yang dilakukan para Rasul tanpa ada rasa takut dan gentar akan kuasa dunia ini. Dengan berlandaskan pada Injil Yohanes 21:1-14 mengenai peristiwa Tuhan Yesus menampakkan dirinya kepada murid-murid-Nya di Danau Tiberias.

“Juga harus berani perjuangkan kebenaran dan keadilan, bukan pengecut. Kalau ragu-ragu mundur, karena percaya pada Tuhan Yesus yang bangkit harus menghasilkan buah kebangkitan dengan tindakan nyata,” ujarnya.

Uskup Yanuarius juga berpesan kepada para pengurus ICAKAP agar tetap mempertahan prinsip-prinsip atau nilai-nilai kebenaran yang telah diajarkan Yesus Kristus sebagai sang guru kebenaran itu sendiri, seperti yang tertulis dalam Markus 8:34 bahwa setiap orang yang mau mengikuti Yesus ia harus menyangkal dirinya, memikul salib-Nya dan mengikuti teladan Yesus Kristus.

“Jangan pernah mundur bilamana ada ancaman, sebab akan banyak resiko bagi kita yang mau perjuangkan kebenaran, seperti yang dialami para Rasul, mereka dibawa ke pengadilan saat melakukan mujizat penyembuhan. Ingat pesan Yesus, “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya memikul salibnya, dan mengikut Aku,”katanya.

Uskup Yan You berharap para IKACAP untuk menjadi kaki tangan Iman di Tanah Papua yang terus menyuarakan nilai-nilai kebenaran dan keadilan di bumi Cenderawasih.

“Saya berharap IKACAP menjadi kaki tangan Yesus dan melalui mulut Para Rasul mereka mewartakan kabar kebangkitan Yesus. Sementara rasul lain takut, hilang, kabur karena Tuhan yang mereka cintai disiksa dan dibunuh secara keji. Upaya Yesus yang menampakkan diri berulang kali adalah untuk mau meyakinkan para Rasul supaya mereka percaya dan berani mewartakan kebenaran iman sampai peristiwa Pentakosta,” ujarnya (*)

Sumber : jubi.id

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.